Kamis, 07 Juni 2012

SUNNAHKAH MENGUSAP MUKA SETELAH BERDO'A????


           
 Penomena yg  kita sebutkan ini adalah lumrah terjadi dan kita saksikan di tengah masyarakat kita,dari yg dikatakan alim dlm masalah agama apalagi yg jahil dari orang orang yg menisbatkan diri mengikuti mazhab syafi’i yg tentu nya banyak  alasan yg melatar belakangi perbuatan tsb.
Diantara mereka ada yg  beralasan karena mengikuti kebanyakan orang,dan alasan inilah yg  kebanyakan manusia mengadopsinya,namun di dalam islam kebanyakan orang bukanlah ukuran suatu kebenaran karena Allah ‘azza wajalla menjelaskan di dalam Al qur an:
وَإِنْ تُطِعْ أَكْثَرَ مَنْ فِي الْأَرْضِ يُضِلُّوكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ إِنْ يَتَّبِعُونَ إِلَّا الظَّنَّ وَإِنْ هُمْ إِلَّا يَخْرُصُون ,(الأنعام 116)            
          Artinya : Dan jika kamu mengikuti kebanyakan orang di muka bumi ini,niscaya mereka akan menyesatkan kamu dari jalan Allah,tiadalah yg mereka ikuti melainkan hanya persangkaan semata,dan mereka hanya membuat kebohongan

Hal ini disebabkan karena,dari sekian banyak penduduk negeri kita yg mayoritas kaum muslimin hanya sedikit dari mereka yg menegakkan sholat,dari yg sholat hanya sedikit yg mengerjakan nya dgn ikhlas,dari yg ikhlas hanya sedikit yg mengerjakannya sesuai dengan sunnah ,bahkan di negeri kita yg mayoritas muslim ini ternyata mayoritas pelaku maksiat nya  adalah orang yg mengaku dirinya muslim,demikian juga di dalam hal hal yg lain yg berhubungan dengan masalah agama yg kebanyakan dari mereka hanya mengikuti tata cara beragama nenek moyang mereka tanpa ada ikhtiyar untuk mempelajari islam yg benar yg bersumber dari Al qur an dan As sunnah yg shohih yg merupakan pondasi pokok yg harus mendasari agama seorang muslim
         
      Allah ‘azza wajalla berfirman menggambarkan keadaan mereka :                                       قَالُوا بَلْ وَجَدْنَا آبَاءَنَا كَذَلِكَ يَفْعَلُونَ (الشعراء 74) 
          Artinya : mereka mengatakan “bahkan beginilah kami mendapati nenek moyang kami telah mengerjakannya seperti ini”.
Dan apabila  di dalam hal ini(mengusap muka setelah berdo’a) orang yg mengerjakannya beralasan karena mengikuti orang orang yg di katakan tokoh di kalangan masyarakat yg mereka katakan pasti punya alasan dan tidak mungkin mengajarkan yg jelek kepada orang,maka  kewajiban seseorang di dlm perkara yg menyangkut masalah agamanya adalah melihat alasan tsb apakah bersesuaian dgn Al qur an dan As sunnah shohihah atau tidak
    Al imam ibnu katsir ketika menafsirkan  surah An- nur ayat 63,beliau mengatakan :
 وقوله: { فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ } أي: عن أمر رسول الله صلى الله عليه وسلم، سبيله هو ومنهاجه وطريقته وسنته وشريعته، فتوزن الأقوال والأعمال بأقواله وأعماله، فما وافق ذلك قُبِل، وما خالفه فهو مَرْدُود على قائله وفاعله، كائنا من كان، كما ثبت في الصحيحين وغيرهما، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال: "من عمل عَمَلا ليس عليه أمرنا فهو رَدّ"
           Artinya :dan firman Allah’’maka hendaklah takut orang orang yg menyelisihi perkaraNya” yaitu perkara Rasululloh,berupa syri’at,sunnah,manhaj dan jalan yg Beliau tempuh,maka setiap perkataan dan amal perbuatan harus di timbang dengan perkataan dan amal perbuatan Beliau,maka setiap amal perbutan yg sesuai dgn amal perbuatan Beliau maka DITERIMA,dan yg tidak bersesuaian maka DITOLAK siapapun dan apapun kedudukan pelaku dan pengucapnya,sebagaimana tlh tetap dalam shohihain dan selainnya bahwa Rasulullah Shollalohu ‘alaihi wasallam bersabda’’barang siapa mengerjakan suatu amalan yg bukan perkara dari kami maka tertolak” (tafsir ibnu katsir  jilid 6 hal. 89-90)
Maka dari penjelasan ini jelaslah bagi kita bahwa,yg menjadi ukuran di terima dan di tolaknya suatu amal di dalam islam adalah di ukur dengan SUNNAH NABI YG SHOHIH
          Dan adapun di antara hujjah/alasan sebagian orang yg mengamal kan “mengusap muka setelah berdo’a” adalah  hadist :
سلوا الله ببطون أكفكم، ولا تسألوه بظهورها، فإذا فرغتم؛ فامسحوا بها وجوهكم                        
        Artinya : Mintalah kalian kepada Allah dengan telapak tangan kalian,dan jangan meminta dengan punggung tangan,apabila kalian telah selesai maka usaplah muka kalian dengannya
Pandangan para ulama ttg hadist ini :
·        Al imam Baehaqi menjelaskan perkataan abu Daud  ttg jalur periwayatan hadist ini
رسالة الإمام أبي بكر البيهكي إلى الإمام أبي محمد الجويني  ص 66-65  )) :

 وأخبرنا أبو علي الروذباري، أخبرنا أبو بكر بن داسه، قال:قال أبو داود السجستاني:
 ((روي هذا الحديث من غير وجه، عن محمد بن كعب، كلها واهية، وهذا الطريق أمثلها، وهو ضعيف أيضاً)). يريد به: حديث عبد الله بن يعقوب، عمن حدثه، عن محمد بن كعب القرظي، عن ابن عباس، عن النبي - صلى الله عليه    وسلم -:((.. .. سلوا الله ببطون أكفكم، ولا تسألوه بظهورها، فإذا فرغتم؛ فامسحوا بها وجوهكم))     وروي ذلك من      أوجه أخر، كلها أضعف من رواية من رواها عن ابن عباس.وكان أحمد بن حنبل ينكر
     Artinya: berkata Imam Baehaqi : telah mengabarkan kepada kami Abu ‘ali arruzbaary,telah mengabarkan pd kami Abu bakr bin daasah,telah berkata Imam Abu Daud assijistany ((telah diriwayatkan hadist ini dari beberapa jalan yg lain,yakni dari Muhammad bin ka’ab yg semuanya lemah,dan dari jalan ini juga lemah )),yg beliau maksudkan adalah hadist : Abdullah bin ya’qub,dari orang yg menceritakannya, dari Muhammad bin ka’ab alqurozy,dari Ibnu Abbas,dari Nabi shallallohu ‘alaihi wasallam ;    (...  سلوا الله ببطون أكفافكم ), dan di riwayatkan pula hadist ini dari jalan yg lain yg semua riwayatnya lebih do’if daripada yg meriwayatkannya dari Ibnu Abbas..
·        Imam Ahmad bin hambal,beliau mengingkari riwayat ini.                                                                
·        Al Imam Al- ‘Iz bin Abdussalaam assyafi’i menjelaskan ttg mengusap muka setelah berdo’a :
 ولا يستحب رفع اليدين في الدعاء إلا في المواطن التى رفع فيها رسول الله صلى الله عليه وسلم يديه,ولايمسح     وجهه يديه عقيب الدعاء إلا جاهل ,,,فتاوى العز بن عبد السلام  ص 47
Artinya : tidak di sunnahkan mengangkat kedua tangan ketika berdo’a kecuali pada tempat  tempat yg Rasululloh Sallallohu ‘alaihi wasallam mengangkat tangan padanya,dan tidaklah seseorang mengusap muka dengan kedua tangan nya setelah berdo’a kecuali  dia orang yg jahil
·        Al Imam Abdulloh ibnul Mubarok pernah di tanya oleh seorang murid beliau(‘Ali al baasyany ) ttg mengusap muka setelah berdo’a seperti yg di jelaskan oleh Imam Baehaqi dlm risalah beliau kepada Imam Juaeny :
 أخبرنا أبو عبد الله الحافظ، قال: أخبرنا أبو بكر الجراحي، قال حدثنا [يحيى بن] ساسويه، حدثنا عبد الكريم السكري،قال: حدثنا وهب بن زمعة، قال: أخبرني علي الباشاني، قال:((سألت عبد الله بن المبارك: عن الذي إذا دعا مسح وجهه.
 فلم أجد [له ثبتاً])). قال علي: ((ولم أره يفعل ذلك))....رسالة البيهكي للجو يني  ص 64-54
      Artinya : berkata Imam baehaqi :telah mengabarkan pada kami Abu Abdillah al                              haafidz,telah mengabarkan kepada kami Abu Bakr Al jarohy,telah menceritakan pd kami Yahya bin saasiwaih,telah menceritakan pd kami Abdul Kariim assukry,telah menceritakan pd kami Wahb bin zam’ah,telah mengabarkan kepadaku ‘Ali  Al baasyany dia berkata : aku bertanya kepada Abdullah ibnul Mubaarok ttg seorang  yg apabila telah berdo’a kemudian dia mengusap wajahnya?, beliau menjawab : aku tdk menemukan dalil yg sabit tentangnya,berkata ‘Ali Al baasyany: dan aku tidak pernah melihat beliau mengerjakan nya.
      Pengingkaran para ulama ttg riwayat ini adalah terlebih karena para rowi yg meriwayatkan nya yg  majhulul ‘ain(tidak di kenal orang nya) dan majhulul haal(tidak di ketahui keadaan/kondisi orang nya) :
1.     majhulul ‘ain : di dalam deretan rowi hadist tsb di sebutkan lafaz  حدثه عمن (dari orang yg menceritakannya),maka suatu hal yg keliru jika kita ingin menisbatkan suatu ucapan  kepada Rasululloh sementara kita mengambilnya dari orang yg tdk kita ketahui jati diri nya,karena sesungguhnya perkataan Rosululloh akan menjadi syari’at  untuk ummat ini.
2.     Majhulul haal : di antara rowi hadist tsb terdapat nama Abdulloh bin ya’kub bin ishak al madiny yg dikatakan marotib nya oleh Al imam ibnu hajar : majhulul haal,sedangkan Imam Adzahaby tidak menyebutkan marotib nya
       Maka dengan sebab illat/cacat  yang menyertai hadist ini sehingga para ulama mendo’ifkan hadist ini dan hal ini sekaligus menjadi ibroh/pelajaran serta timbangan bagi kita  untuk mengukur kadar suatu amalan sesuai tidak nya dengan syari’at Rasululloh Salallohu ‘alaihi wasallam dan bukan menjadikan sedikit banyaknya orang yg melakukan suatu amalan tsb yg mejadi tolak ukur kita dalam menetapkan suatu kebenaran.
     Al imam Ibnu Katsir ketika menafsirkan ayat ke-39 dari Surat An najm beliau menjelaskan istimbath Imam Syaf’i dgn ayat ini,beliau mengatakan :
              ....وباب القربات يقتصر فيه على النصوص، ولا يتصرف فيه بأنواع الأقيسة والآراء
 Artinya : ....dan bab tentang hal hal yg mendekatkan diri kepada Allah dibatasi( yg boleh di kerjakan) yg memiliki dalil,dan tidak boleh di tentukan(ketika ada dalilnya) dengan berbagai kiyas/analogi dan pendapat  (tafsir ibnu katsir 7,hal 465)
            Begitu juga Imam Syafi’i  di dalam kitab Ar risalah beliau menjelaskan :
 لا يحل القياس والخبر موجود.....وكذالك يكون ما بعد السنة حجة إذا أعوز من السنة
          Artinya : tidak di halalkan kiyas ketika telah ada khobar....demikian juga apapun setelah sunnah bisa menjadi hujjah apabila dia bersandar kepada sunnah (Ar risalah bab manzilatul ijma’ wal qiyas hal. 600 )
Syubhat syubhat dan bantahannya :
          Di kalangan masyarakat kita apabila suatu perkara yg telah memasyarakat dan membudaya dan lumrah di kerjakan oleh kebanyakan orang,maka ketika ada orang yg  mengatakan bahwa hal tsb “menyelisihi sunnah” maka yg umum terjadi adalah penolakan, mengatakan sesat,faham baru,menyelisihi orang banyak serta memberikan gelar gelar yg jelek kepada yg mengatakannya agar di jauhi oleh orang..Dan yg minimal mereka lakukan adalah membela diri dengan syubhat demi mempertahankan dan membenarkan amalan mereka.Dan di antara syubhat mereka adalah :
1.     Mereka mengatakan mengakui hadist tsb do’if,akan tetapi mereka mengamalkan nya dalam rangka lifadoo’ilil a’maal karena ada ulama yg membolehkan nya
Maka  terhadap syubhat ini kita katakan:bukankah Allah ‘Azza wajalla telah menyempurnakan agama ini ketika Rasul-Nya yg mulia masih hidup?,dan salah satu bentuk kesempurnaan islam adalah Beliau jelaskan dalam hadist yg di riwayatkan oleh Imam Syafi’i dan Imam Baehaqi :
 ما تركت شيئامما أمركم الله به إلا وقد أمرتكم به,ولا تركت شيئا مما نهاكم الله عنه إلاوقد نهيتكم عنه 
          Artinya : tidaklah Aku sisakan dari apa apa yg Allah perintahkan pada kalian kecuali telah Aku perintahkan kepada kalian,dan tidakklah Aku sisakan dari apa yang Allah larang dari nya kecuali Aku telah melarang kalian dari nya ( hadist shohih riwayat Asyafi’i di ktab ar risaalah dan Imam Baehaqi)
Di dalam hadist yg lain juga Rasululloh menjelaskan :
ما بقي شيئ يقرب من الجنة ويباعد من النار إلا قد بين لكم
          Artinya : tiada tersisa dari hal hal yg mendekatkan seseorang ke sorga dan menjauhkannya dari neraka melainkan telah di jelaskan kepada kalian ( shohih riwayat At tobroni)
Maka mafhum nya adalah ketidak adaan contoh dari Beliau dalam masalah ini menunjukkan bahwa hal tsb tidak di syariatkan dan tidak bisa mendatangkan maslahat bagi seseorang dalam agamanya
 Imam Assyaukany menjelaskan :
 فإذاكان الله قد أكمل دينه قبل أن يقبض نبيه صلى الله عليه وسلم,فما هذا الرءي الذي أحدثه أهله بعد أن أكمل الله دينه؟؟,إن كان من الدين في اعتقادهم,فهو لم يكمل عندهم إلابرأيهم,وهذا فيه رد للقرآن,وإن لم يكن من الدين,فأي فائدة في الإشتغال بما ليس من الدين؟؟
          Artinya : maka ketika Allah telah meyempurnakan agama Nya sebelum mewafatkan Nabi Nya Sallallohu ‘Alaihi wasallam,maka apa tujuan ra’yu/logika logika yg di buat oleh pembuatnya setelah Allah menyempurnakan agama Nya??,jika hal tsb mereka anggap bagian dari urusan agama dalam masalah aqidah,maka bagi mereka tidaklah sempurna kecuali di sempurnakan dengan ro’yu mereka,hal ini merupakan penolakan terhadap Al qur’an,dan jika hal tersebut bukan termasuk urusan agama,maka apa faedah nya menyibukkan diri dengan sesuatu yg bukan perkara agama??..    (alkaulul mufiid fi adillatil ‘ijtihadi wattakliid  hal.38)
Berkaitan dgn hal ini para ulama telah menetapkan suatu koidah :
               إذا وجد الأ ثر بطل النظر 
        Artinya : apabila telah di temukan atsar maka batal lah pendapat      
Dan di dlm masalah ini telah di temukan atsar atsar  shohih yg justru mengingkari perbuatan mengusap muka setelah berdo’a.
Mengenai mengamalkan hadist do’if dalam rangka lifadoo’ilil  a’maal,maka kitapun menetapkan hal tsb dengan ketentuan/syarat  yg di tetapkan oleh para ulama yaitu :
a.      Hanya untuk fado’ilul a’maal
b.     Memiliki sandaran asal yg shohih dari sunnah
c.      Hadist nya tidak sangat do’if
d.     Tidak meyakini hal tsb dari Rasululloh ketika mengamalkan nya ( al firqotun najiah hal.134)
 Sudah terpenuhikah syarat syarat yg telah di tetapkan oleh para ulama ketika kita mau mengamalkan hadist do’if tsb???,maka jika tidak terpenuhi syarat syaratnya hendaklah seseorang mencukupkan diri dengan hadist yg shohih,maka yg sunnah dlm masalah ini adalah meninggalkan sesuatu yg tdk pernah di lakukan oleh Rasululloh yg dikenal dengan sunnah tarkiyyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar